Sabtu, 25 Agustus 2012

TIPS JITU MENGATASI INSONIA

Insomia atau penyakit kurang tidur ini biasa di hinggapi oleh para pekerja aktif yang disibukan dengan pekerjaan kantor sehingga terlalu stres dan biasanya penyakit insomia ini di alamai oleh perempuan tetapi tidak sedikit pula di alami oleh para pria, dan berikut beberapa tips jitu untuk mengatasi penyakit insomia atau kurang tidur ini :

1. Selalu aktif

Jadilah orang yang aktif dalam keseharian karena hal tersebut dapat membuat Anda lelah dan mengantuk. Berolahraga adalah cara yang bagus untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Namun, pastikan Anda berolahraga minimal 3 jam sebelum pergi tidur. Jika tidak, Anda akan mendapatkan efek sebaliknya.

2. Buat suasana favorit untuk tidur

Sebelum pergi tidur pastikan kamar tidur bercahaya cukup gelap dan Anda memiliki lampu yang berada di samping tempat tidur. Selain itu cobalah untuk membuat sedikit ventilasi dari dalam kamar dan dinginkan kamar Anda sebentar. Suhu yang lebih dingin dapat memicu tidur Anda lebih nyenyak. Suhu tidur yang ideal adalah 6 derajat-18 derajat Celcius.

3. Memilih untuk diet kafein sebelum tidur

Pastikan untuk menghindari minuman berkafein sebelum waktu tidur. Segala sesuatu yang mengandung kafein akan membuat sulit tidur. Gantilah dengan secangkir susu hangat dan biskuit. Hindari juga mengonsumsi makanan berat sebelum tidur, jika ingin memiliki kualitas tidur yang sehat.

4. Kenakan pakaian tidur yang nyaman

Agar tidur menjadi pulas, pertama-tama pakaian yang Anda kenakan harus nyaman. Pakaian tidur terbaik adalah yang longgar dan tak membuat tubuh merasa dingin atau terlalu panas.

5. Menetapkan waktu tidur

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Hal ini sangat penting jika Anda ingin tidur lebih mudah dan cepat. Setelah itu rasakan perbedaannya, dengan waktu tidur Anda sebelumnya yang masih berantakan. Tubuh pun akan terasa semakin segar dengan kualitas tidur yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar